KECERDASAN
BUATAN (AI)
Konsep kecerdasan yang diberikan dalam game minesweeper ini adalah pemberian kecerdasan pada komputer
sehingga dia dapat berpikir layaknya seperti
manusia biasa bahkan mungkin melebihi
kecerdasan manusia.
Pemberian AI pada komputer dalam game minesweeper ini adalah
pemberian algoritma yang berupa pola
permainan yang mungkin dilakukan oleh komputer agar dapat mengimbangi atau
malah menyaingi kemampuan bermain si pemain.
INITIAL
STATE
Initial state dalam game minesweeper ini akan menampilkan
arena permainan berbentuk kotak berdimensi 9x9, dimana
terdapat 9
baris dan 9
kolom. Objek yang akan bermain dalam game ini adalah “player” atau pemain dan
komputer yang telah diberi AI.
Didalam
game ini terdapat menu yang terdapat dibagian atas kotak permainan, antara lain
:
1. Game : jika menu ini di klik maka kita akan di bawa pada dua pilihan yaitu
NewGame dan Exit, Jika memilih New game permainan akan dimulai dan
Jika memilih Exit akan keluar dari permainan
2. Help : jika menu ini di klik maka akan ada kotak dialog sebagai Penjelasan
tentang game ini.
1. Game : jika menu ini di klik maka kita akan di bawa pada dua pilihan yaitu
NewGame dan Exit, Jika memilih New game permainan akan dimulai dan
Jika memilih Exit akan keluar dari permainan
2. Help : jika menu ini di klik maka akan ada kotak dialog sebagai Penjelasan
tentang game ini.
Initial state dari game ini adalah sebagai berikut :
RULES
Ada
beberapa aturan dalam permainan ini, antara lain :
1. Pada awal permainan belum ada objek nya. objek tersebut muncul saat user mengklik kotaknya.
2. Permainan dimulai dengan pemain (Player/user) yang jalan terlebih dahulu . Pemain memilih kotak-kotak
di arena berdimensi 9x9
3. Komputer (AI) akan jalan berikutnya sesuai dengan pola permainan yang dia punya.
4. Pemain harus dapat lolos dari semua bom pada saat mengklik kotak tersebut untuk memenangkan
permainan ini.
5. Komputer yang telah diberi AI bertugas menghalangi pemain untuk menang dengan cara bom menyebar
ke sebagian arena kotak secara random.
1. Pada awal permainan belum ada objek nya. objek tersebut muncul saat user mengklik kotaknya.
2. Permainan dimulai dengan pemain (Player/user) yang jalan terlebih dahulu . Pemain memilih kotak-kotak
di arena berdimensi 9x9
3. Komputer (AI) akan jalan berikutnya sesuai dengan pola permainan yang dia punya.
4. Pemain harus dapat lolos dari semua bom pada saat mengklik kotak tersebut untuk memenangkan
permainan ini.
5. Komputer yang telah diberi AI bertugas menghalangi pemain untuk menang dengan cara bom menyebar
ke sebagian arena kotak secara random.
GOAL
Tujuan
(goal) untuk menyelesaikan permainan ini adalah lolos dari semua bom yang ada di sebagian kotak saat mengklik kotak
tersebut sehingga keluar beberapa angka.
Terdapat
beberapa kondisi yang mungkin terjadi pada permainan ini, yaitu :
1. KONDISI
MENANG
Kondisi menang terjadi apabila kita berhasil lolos dari semua bom yang ada di kotak dan keluarnya
beberapa angka setelah di klik.
2. KONDISI
KALAH
Kondisi kalah dapat terjadi apabila kita mengklik kotak yang ada bomnya sehingga
membuat bom yang ada di kotak lain lain ikut meledak.
Berikut ini adalah flowchart game MinesWeeper
Ketika pertama kali program ini dijalankan, program akan
menampilkan menu utama. Dimana di menu utama tersebut Terdapat pilihan menu seperti Game, dan Help.
No comments:
Post a Comment